Selasa, 19 Juni 2012

Jerman vs Belanda

Assalamualaikum Wr. Wb




Dua tim raksasa sepak bola, Jerman dan Belanda, Kamis (14/6) dinihari WIB, akan bertemu di laga kedua penyisihan Grup B Piala Eropa 2012. Ini adalah kali kedelapan Jerman dan Belanda bertemu di laga final sekaligus kali kelima dua negara musuh bebuyutan itu bertemu di Piala Eropa. Laga Jerman melawan Belanda akan berlangsung di Stadion Metalist, Kharkiv.

Statistik pertemuan sementara ini Jerman unggul dengan tiga kali menang, sementara Belanda hanya memenangi dua kali pertandingan. Sisa tiga pertandingan mereka bermain imbang. Kedua tim paling tidak mencetak gol di masing-masing tujuh pertandingan, seperti dikutip dari Reuters.

Beberapa duel klasik Jerman lawan Belanda yakni pada final Piala Dunia 1974 ketika tim Johan Cruyff unggul lebih dulu lewat penalti, namun Jerman membalikkan keadaan dan menang 2-1 di Munich.

Selain itu, pada semifinal Piala Eropa 1988 di Hamburg, gol Marco van Basten mampu menggilas Jerman 2-1.

Pada putaran kedua Piala Dunia 1990, Jerman mengalahkan Belanda 2-1 setelah striker Rudi Voeller dan pemain Belanda Frank Rijkaard dikeluarkan dari lapangan.

Sepanjang penyelenggaraan Piala Eropa, Belanda berhasil mencapai delapan final. Kekalahan mereka dari Denmark 0-1, Sabtu kemarin, merupakan kekalahan pertama pada babak awal putaran final sejak kekalahan Belanda dari Uni Soviet 0-2 di Piala Eropa 1988.

Namun, pada laga final, Belanda membalas dendam, mengalahkan Uni Soviet 2-0 dan meraih trofi pertama Piala Eropa.

Saat ini Belanda telah menjalani 38 pertandingan selama lima tahun. Sejak ditahan imbang Rumania pada babak kualifikasi Piala Eropa, Belanda telah memenangi 31 pertandingan dan kalah dalam tujuh pertandingan baik di babak kualifikasi maupun putaran final.

Sementara itu, Jerman telah memenangi 10 pertandingan pada babak kualifikasi grup, selalu mencetak gol pada 17 pertandingan internasional terakhir mereka dan mencetak minimal tiga gol pada sembilan pertandingan.

Terakhir kali tim asuhan Joachim Loew ini gagal menyarangkan bola ke gawang lawan yakni pada November 2010 di Swedia.

Striker Jerman Mario Gomez yang juga menjadi pencetak gol satu-satunya pada laga Jerman melawan Portugal telah mencetak enam gol pada enam pertandingan terakhir Jerman.

0 komentar:

Posting Komentar